Friday, March 16, 2012

Desain Kantor yang Sehat

Pernahkah anda memperhatikan kesehatan dan keselamatan para pegawai anda? Pernahkan anda memperhatikan desain kantor anda? Apa sudah sehat dan sesuai? Jika belum maka anda beruntung membaca artikel ini.

Kantor ibarat sebuah rumah yang kita tinggali dan huni bersama dengan keluarga tercinta. Kita bisa mendapatkan kehangatan sebuah keluarga tidak hanya di rumah, namun di kantor. Mengapa? Karena kantor ibarat rumah kedua bagi sebagian orang. Mereka inilah yang menghabiskan sebagian waktunya di kantor. Karena ibarat sebuah rumah, tentu kantor juga harus diperhatikan kebersihan dan keselamatan para pegawainya. Kebersihan merupakan salah satu kunci kesehatan. Apabila tempat kerja kita bersih, maka para pegawai termasuk kita akan selalu terjaga kesehatannya. Lalu bagaimana mewujudkan kantor yang sehat dan bersih itu? Kantor dapat dikatakan bersih apabila kebersihannya selalu dijaga.

Biasanya hal ini sudah ada yang mengurus, seperti pembersih keliling. Namun kebersihan tidak murni menjadi tugas dan kewajiban si pembersih keliling. Akan lebih baik apabila semua orang yang ada dikantor juga selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan atau selalu rajin menjaga kebersihan ruang kerjanya. Sedangkan kantor dapat dikatakan sehat apabila memiliki beberapa syarat desain kantor yang sehat. Hampir seperti desain rumah atau desain rumah sakit, kantor sehat juga harus memiliki ventilasi udara yang cukup untuk sirkulasi udara. Apabila kantor dlengkapi dengan pendingin ruangan, maka pastikan semua ventilasi sudah tertutup dengan sempurna.

Tidak hanya itu, ruang kerja para pegawai harus diberi tempat yang nyaman dan layak seperti meja dan kursi kantor yang layak, luas ruang kerja yang cukup agar tidak terasa sumpek dan panas. Beri ventilasi udara yang cukup, agar udara yang dihirup selalu bersih dan segar. Kemudian untuk mencegah tegang otot pada pegawai yang selalu berada di depan komputer atau laptop, sediakan sebuah kursi kantor dengan alas yang empuk dan nyaman. Hal ini juga dilakukan agar para pegawai kita selalu sehat dan bugar. Jangan lupa untuk menyediakan sebuah dispenser yang berisi air segar di setiap koridor kantor agar setiap pegawai dapat minum air putih yang segar sehingga pikiran mereka dapat segar kembali.

Sebenarnya banyak yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan para pegawai di kantor. Hal ini dilakukan juga demi meraih kesuksesan secara bersama-sama. Anda sebagai atasan mereka harus selalu mengutamakan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan para pegawai anda.