Wednesday, May 2, 2012

Perancangan Desain Rumah Dan Desain Kantor

Terdapat berbagai tipe bangunan yang digunakan di setiap harinya. Rumah tempat tinggal, vila tempat peristirahatan, hotel ataupun motel, kantor, rumah sekaligus toko atau ruko, restoran dan masih banyak lagi tipe bangunan yang digunakan di detiap harinya. Setiap tipe bangunan memiliki fungsinya masing-masing dan setiap bangunan baru, didesain dan dibangun dengan memikirkan fungsi-fungsi tersebut. Terdapat berbagai fungsi yang akan ditunjang oleh satu bangunan dan di dalam perencanaannya setiap fungsi dipikirkan dengan baik agar nantinya bangunan dapat berfungsi dengan baik.

Setiap perencanaan satu bangunan tidaklah mudah namun juga tidak sesulit yang dibanyangkan. Hal yang terpenting adalah, berbagai data yang dibutuhkan telah diketahi Misalnya adalah tipe bangunan yang akan dibangun serta lahan tanah yang akan digunakan. Jika kedua hal tersebut telah diketahui, maka perencanaan desain bangunan akan berjalan lebih lancar. Desain kantor akan lebih rumit karena beberapa alasan. Umumnya sebuah gedung perkantoran dibangun sebagai gedung pencakar langit yang akan memayungi beberapa kantor sekaligus di dalam satu gedung di setiap lantainya.

Desain kantor pada umumnya sama, yaitu bertipe gedung pencakar langit yang terdiri dari puluhan lantai yang cukup untuk dinaungi beberapa perusahaan meskipun beberapap gedung digunakan oleh hanya satu perusahaan. Perencanaan sebuah gedung pencakar langit akan memakan waktu yang lebih lama karena akan lebih banyak hal yang harus dipikirkan dan direncanakan. Umumnya, di dalam perencanaan gedung pencakar langit, terdapat tim perencana. Jadi di dalam perencanaannya bukan individu yang bekerja untuk mendesain keseluruhan bangunan tersebut tapi sebuah tim perencanaan.

Berbeda dengan desain rumah yang akan lebih sederhana meskipun ukuran rumah tersebut mungkin sangat besar. Meskipun mungkin bagi beberapa individu, mereka menginginkan sebuah rumah yang unik dan dapat dimerangkap sebagai kantor juga. Hal inilah yang terjadi pada seorang pengusaha sukses asal India yang memiliki sebuah rumah yang juga merangkap kantor. Tentu ini bukanlah sebuah pemandangan yang umum. Tidak banyak individu yang berpikiran seperti ni dan lebih memilih satu unit rumah yang sederhana namun tetap nyaman untuk dihuni dan member kesan yang baik bagi para tamu rumah.

Desain rumah umumnya sangat pribadi karena digunakan oleh pribadi. Desain untuk sebuah rumah akan dibuat senyaman mungkin agar para penghuni dari satu rumah dapat merasa jauh lebih nyaman dan dapat beristirahat dengan lebih tenang. Ketenangan dan kenyaman merupakan prioritas utama di dalam desain satu rumah. Tentu berbeda dengan bangunan kantor yang lebih mengutamakan efisiensi kerja dari para karyawan yang bekerja di dalamnya. Namun satu hal yang tentu akan dipertimbangkan di dalam perencanaan kedua bangunan adalah kekokohan bangunan agar aman untuk digunakan.
________________________________________
SAMITRA menerima jasa design & build, kontraktor interior, custom furniture visit http://www.samitra.co.id/